Monday, February 11, 2019

Bisnis Jasa Penterjemah



Dunia bisnis sangat amatlah luas aspeknya, semua skill atau kemampuan yang kita miliki itu bisa menjadi salah satu sumber untuk berbisnis atau berusaha. Contohnya adalah kemampuan berbahasa asing dengan fasih seperti misalnya bahasa inggris, dengan kemampuan yang mumpuni anda bisa membuka jasa penterjemah bahasa asing.

Saya rasa bisnis ini cukup bagus, karena memiliki pasar tertentu yang cukup besar. kadang kala beberapa perusahaan juga masih membutuhkan jasa penterjemah untuk bisa berkomunikasi dengan perusahaan dari negara asing. Seperti yang sudah saya temui sendiri teman kerja saya, memiliki suami seorang dosen bahasa inggris. Selain mengajar di universitas, dia rupanya juga sering mendapatkan pesanan untuk terjemahan bahasa inggris, dan hasil dari terjemahan itu juga tidaklah murah. bisa sampai ratusan dan bahkan jutaan.

Apa saja kebutuhan untuk berbisnis ini? hmm... saya rasa sangatlah ringan sekali, syarat paling utama yaitu anda harus punya laptop. Laptop menjadi alat penunjang utama bisnis penterjemah. Dengan laptop anda bisa mengetik terjemahan tersebut dan bisa menyimpan pekerjaan tersebut di laptop. Dengan laptop anda juga bisa mencari referensi-referensi lain tentang bahasa asing yang anda kuasai, tentunya harus terkoneksi dengan internet.

Kebutuhan kedua yang harus anda perhatikan adalah promosi atau marketing, untuk mendapatkan orderan dari orang lain. Nah untuk promosi ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain:
1. Brosur
Anda bisa mendesain brosur yang mempromosikan bisnis penterjemah anda, dan selanjutnya bisa di sebarkan di sekolah-sekolah, kampus, atau di perusahaan.

2. Banner
Kelebihan banner adalah bisa di pasang di jalan-jalan utama yang ramai. Anda cukup mendesain banner yang menarik dan memasang di pinggir jalan. Yang ini lebih hemat tenaga untuk promosi

3. Sosial Media
Salah satu promosi yang murah meriah dan mudah adalah lewat sosial media, semua orang pasti punya gadget dan punya akun sosial media. Manfaatkanlah sosial media untuk promosi setiap saat.

4. Web
Cara promosi berikutnya yaitu dengan membuat website atau blog. Anda bisa menjelaskan dengan rinci tentang bisnis terjemahan milik anda di dalam web, buatlah kalimat yang menarik pelanggan dan buatlah mereka percaya dengan bisnis anda.

Dengan ketekunan promosi, pasti dan yakinlah hasilnya akan sesuai dengan yang anda inginkan. Semoga artikel bisnis ini bisa bermanfaat untuk anda


EmoticonEmoticon