Saturday, February 16, 2019

Bisnis Toko Elektro



Siapa sih sekarang yang tidak punya alat elektronik di rumah. Ga ada kan, kalaupun ada mungkin sangat sedikit sekali jumlahnya. Dan yang namanya alat elektronik itu pasti ada umurnya, suatu saat pasti akan rusak setelah pemakaian. Beruntung jika saat rusaknya alat elektronik masih dalam waktu garansi, sehingga tidak perlu keluar uang untuk biaya servis.

Bayangkan jika setiap hari ada ratusan barang elektronik yang rusak, otomatis ada beberapa yang harus mengganti komponennya maka kemana lagi tujuannya kalau tidak ke toko elektro. Belum lagi banyak konsumen yang mungkin lampu di rumahnya sudah tidak nyala, sehingga harus ganti lampu dan salah satu pilihan untuk membeli lampu yang di toko elektro. Banyak sekali item yang bisa dijual di sebuah toko elektro.

Dari situ bisa kita tarik suatu peluang untuk berbisnis yaitu membuka toko elektro yang menjual beraneka ragam komponen elektronika. Di dalam suatu kota biasanya toko yang lengkap menjual komponen elektro banyak tapi tidak banyak-banyak amat, karena ada yang tidak lengkap.

Untuk memulai membuka toko elektro ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan antara lain sebagai berikut :
1. Lokasi strategis
Lokasi menentukan prestasi, istilah itu sepertinya juga berlaku disini. Lokasi yang strategis adalah minimal ada di pinggir jalan raya yang ramai. Jika berdekatan dengan toko elektro yang lain saya rasa itu bukan masalah besar tinggal bersaing dengan sehat saja. Karena yang saya di kota Malang banyak toko elektro yang saling berdekatan tapi semuanya juga banyak pembelinya.

2. Item yang dijual lengkap
Salah satu faktor yang menentukan toko elektro itu jadi ramai pembeli atau tidak adalah faktor lengkap atau tidaknya barang yang dijual. Konsumen pasti tidak akan pikir panjang jika akan menuju toko elektro yang lengkap, karena mereka tidak akan kecewa karena barang yang mereka beli pasti ada disitu. Inilah yang harus anda perhatikan mulai dari barang-barang yang kecil seperti diode atau resistor sampai yang lebih besar seperti amplifier haruslah tersedia dan lengkap.

3. Bisa dicoba ditempat
Dan satu lagi untuk pembelian alat-alat elektronik seperti lampu dan lain-lain harus bisa dicoba di toko tersebut, untuk memastikan barang yang dibeli tidak rusak.

Nah setelah yang saya ulas tadi bagaimana, apakah anda sudah siap untuk membuka toko elektro?
semoga artikel saya ini bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon