Thursday, February 21, 2019

Berbisnis Sablon



Bisnis produk kreatif semakin banyak yang ahli dan semakin banyak juga peminatnya khususnya generasi milenial. Semakin banyak orang ahli dan kreatif dalam membuat desain suatu produk atau kemasan suatu produk. Sepertinya ide-ide keren untuk desain grafis tidak ada matinya, baik yang sudah senior maupun fresh graduate sudah banyak yang pintar membuat desain yang menarik dan unik. Beberapa contoh produk kreatif antara lain :
1. Desain kaos
Kaos polos yang diberi gambar atau tulisan sekarang ini sudah banyak sekali memiliki model yang keren-keren, dengan desain yang bagus dan keren bisa mendongkrak harga sebuah kaos.
2. Desain kemasan
Kemasan suatu produk sangat menentukan dan akan membantu nilai suatu produk di mata konsumen. Seperti sebuah makanan yang sederhana tapi jika dibungkus dengan kemasan yang bagus dan menarik, maka akan terlihat seperti makanan yang mahal dan elegan. Sehingga kemasan itu sangat berpengaruh sekali di mata konsumen.

Oke, itu adalah contoh-contoh produk yang tidak bisa lepas dari sebuah desain untuk menambah nilai lebih sebuah produk itu. Nah suatu desain grafis akan menjadi nyata jika sudah dicetak dan diwujudkan pada suatu benda yang sudah terlihat. Untuk mewujudkan itu, salah satunya adalah dengan cetak sablon, inilah yang bisa anda lirik untuk dijadikan bisnis anda di masa mendatang. Saya kira bisnis sablon ini akan terus terpakai sampai selamanya.

Nah untuk memulai bisnis sablon ada beberapa hal yang mesti disiapkan, yaitu antara lain :
1. Screen Sablon
Sebagai alat dari sablon manual, screen merupakan alat yang sangat dibutuhkan.Fungsi dari screen sablon ini adalah untuk mencetak film yang sebelumnya telah dilapisi afdruk lalu mencetak desain tersebut ke kaos.

2. Screen Kasar
tipe screen ini memiliki lubang pori-pori yang besar. Sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang banyak dan besar.

3. Screen Sedang 
Screen sedang memiliki lubang pori-pori yang agak rapat. Biasanya digunakan untuk menyablon bahan atau kaos yang tidak terlalu menyerap cat.

4. Screen Halus
Screen halus memiliki lubang pori-pori yang sangat kecil. Sehingga tinta yang bisa dialirkan dengan menggunakan screen ini hanya sedikit.

5. Rakel Sablon
lat ini berfungsi untuk  mendorong & menekan tinta pada kain screen agar tinta tersebut menempel pada media yang akan disablon, seperti kaos, handuk, plastik, dll.

6. Meja Sablon
Fungsinya adalah sebagai penyangga / tatakan screen sehingga kaos bisa disablon dengan lebih rapi.

7. Obat Afdruk 
Fungsi dari obat afdruk ini adalah untuk mencetak gambar pada screen sablon dengan proses photo kimia / photo emulsion dengan bantuan alat afruk neon panjang yang sudah kami terangkan sebelumnya.

8. Kertas Kalkir
Sebenarnya kertas kalkir bisa digantikan kertas hvs yang mempunyai harga lebih murah. hanya saja dengan mengunakan kertas kalkir gambar desain bisa merekat lebih sempurna dan tampak jelas di screen.

9. Tinta Sablon
Jenis tinta sablon ada beberapa macam. Sesuai dengan kebutuhan dari konsumen itu sendiri. Ada jenis tinta rubber, tinta plastisol, tinta floil, tinta glow in the dark, dll.

Itulah beberapa hal yang disiapkan untuk berbisnis sablon, semoga artikel ini bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon