Monday, February 11, 2019

Bisnis Rumah Kos



Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula sekolah dan kampus yang baru berdiri. Kampus-kampus yang baru ini biasa nya memiliki keunggulan tersendiri yang mereka jual ke masyarakat. Sehingga banyak sekali masyarakat dari luar kota yang rela merantau untuk kuliah atau sekolah di kampus tersebut.

Selain kampus baru, juga banyak kampus-kampus lama yang sudah jadi favorit masyarakat, seperti di jogja ada UGM, di surabaya ada ITS, di Malang ada Brawijaya dan UM. Nah di sekitar kampus-kampus besar dan terkenal pasti banyak sekali mahassiswa perantauan, dan mereka tentunya butuh tempat tinggal. Pasti nya rumah kos dan kontrakan akan diserbu oleh para mahasiswa.

Melihat dari hal tersebut, anda pasti juga sudah bisa melihat peluang bisnis yang sangat terbuka lebar disitu, yaitu membuka rumah kos. Bisnis rumah kos sama saja seperti pegawai karena tiap bulan dapat gajian dari sewa rumah kos. Bersyukurlah anda yang memiliki rumah di sekitar kampus. Jangan sia-siakan peluang besar itu.

Bagi anda yang ingin berbisnis membuka rumah kos, ada beberpa hal yang mesti dipersiapkan dengan baik, antara lain :
1. Lokasi strategis
Carilah rumah di sekitar kampus yang letaknya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Biasanya mahasiswa juga tidak suka jika tempat kos nya terlalu dekat dengan kampus mereka.

2. Tempat yang nyaman
Buatlah rumah kos senyaman mungkin, bersih, rapi dan kreatif. Jika anda bisa memenuhi beberapa hal tersebut, pasti bisnis rumah kos anda tidak akan sepi dari pelanggan.

3. Halaman luas
Halaman juga penting dimiliki rumah kos, karena biasanya mahasiswa juga punya kendaraan sendiri, jika anda tidak memiliki halaman yang luas, pasti mereka kesulitan untuk parkir kendaraan mereka. Ditambah lagi dengan taman yang bagus akan membuat pelanggan anda jadi kerasan.

4. Ruang kamar yang standar kelayakan
Kamar yang disiapkan untuk disewa koskan sebaiknya harus standar, mulai dari ukuran ruangan, kemudian fasilitas listrik juga harus standar, ruangan bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Tempat tidur yang layak pakai dan nyaman.

5. Perlengkapan memasak
Para pelanggan juga butuh makan, selain mereka beli makan diluar, kadang kala mereka juga ingin masak sendiri terutama ketika hujan. Maka anda perlu menyiapkan perlengkapan memasak, seperit kompor gas, wajan, panci dan alat makain seperti piring, sendok, gelas, dll.

6. Kamar Mandi
kamar mandi yang harus di perhatikan selain kelayakan dan kebersihannya, adalah jumlah kamar mandi nya, harus disesuaikan dengan rasio jumlah kamar yang disewakan. jangan sampai mereka antri untuk mandi karena kamar mandinya cuma satu

Demikian pembahasan tentang bisnis rumah kos, semoga bisa anda jadikan referensi


EmoticonEmoticon